HAFIDH IZZUDIN 14466


METODE KOMUNIKASI PENYULUHAN PERTANIAN MELALUI RADIO KOMUNITAS

Andi Warnaen1, Nurlail2,, Andi Vita Sukmarini3
1,2Program Studi Penyuluhan Peternakan, Sekolah Tinggi Penyuluh Pertanian (STPP), Malang
3Ilmu Komunikasi Fakultas Ekonomi Ilmu Sosial, Universitas Fajar, Makassar, Sulawesi-Selatan

Radio komunitas merupakan lembaga siaran yang diselenggarakan dari,oleh dan untuk komunitas itu sendiri, sehingga radio komunitas dapat berperan maksimal sebagai metode penyuluhan untuk membangun dan memberdayakan masyarakat petani oleh dan untuk petani. Hasil penelitian menunjukan bahwa radio komunitas sebagai metode penyuluhan berdasarkan prinsip-prinsip metode penyuluhan adalah sebagai berikut:

a. Prinsip Metode Penyuluhan Pengembangan untuk berpikir kreatif
Radio komunitas akan menuntut setiap anggota komunitas untuk berpikir kreatif baik mengenai pengembangan radio, materi penyuluhan yang akan disajikan, dan pengelolaan radio. Sehingga kegiatan penyuluhan akan lebih hidup dan lebih partsipatif. Masyarakat akan mampu dengan upayanya sendiri mengatasi masalah-masalah yang dihadapi, serta mampu mengembangkan kreativitasnya untuk memanfaatkan setiap potensi dan peluang yang diketahuinya untuk terus menerusnya dapat memperbaiki mutu hidupnya.

b. Prinsip Metode Penyuluhan Tempat yang paling baik adalah di tempat kegiatan penerima manfaat
Keberadaan radio komunitas berada dilingkungan sekitar masyarakat atau anggota komunitas, sehingga rasa memiliki masyarakat terhadap radio komunitas dan programnya akan lebih besar. Masyarakat tidak akan terganggu dan tidak banyak menyita waktu kegiatan rutin masyarakat.

c. Prinsip Metode Penyuluhan Setiap individu terikat dengan lingkungan sosialnya
Setiap mahluk social, setiap individu akan selalu berperilaku sesuai dengan kondisi lingkungan sosialnya. Sehingga dengan adanya radio komunitas yang dikelola oleh komunitas untuk komunitas maka masyarakat akan terikat oleh komunitas untuk selalu konsisten terhadap program penyuluhan pada radio komunitas

d. Prinsip Metode Penyuluhan Ciptakan hubungan yang akrab dengan penerima manfaat
Adanya hubungan pribadi yang akrab antara penyuluh dengan penerima manfaatnya, akan merupakan syarat yang harus dipenuhi yang akan memperlancar kegiatan penyuluhan. Radio komunitas merupakan salah satu media hiburan yang dibangun melalui keakraban antar sesamaanggota komunitas, sehingga akan terbangun keterbukaan mengemukakan masalah dan menyampaikan pendapat.

e. Prinsip Metode Penyuluhan Memberikan sesuatu untuk terjadinya perubahan
Metode yang diterapkan harus dapat merangsang penerima manfaat untuk selalu siap dan dengan suka hati atas kesadaran melakukan perubahan–perubahan demi perbaikan mutu hidupnya. Radio komunitas dengan materi penyuluhan berdasarkan kebutuhan untuk perubahan hidupnya, maka dengan sendirinya akan dapat menerima segala inovasi untuk perubahan hidupnya dan keluarganya. Berdasarkan hasil penelitian Nurul Purnamasari dkk (2014) menyatakan bahwa Jaringan media komunitas memiliki komitmen menjadikan anggotanya sebagai pendukung utama komunikasi pembangunan ditingkat lokal (desa dan kecamatan) yang akan memberi efek domino pada keberhasilan pembangunan ditingkat yang lebih tinggi.

Metode komunikasi penyuluhan pertanian melalui radio komunitas memudahkan penyuluh untuk menyampaikan informasi tentang inovasi-inovasi pertanian secara cepat dan terprogram. Kondisi sarana dan prasarana penyuluhan seperti BalaiPenyuluhan Pertanian Kecamatan serta kelembagaan petani yang dibentuk dengan berkelompok yaitu membentuk kelompok tani dan gapoktan, dapat menjadi potensi yang sangat baik untuk difasilitasi radio komunitas sebagai salah satu metode penyuluhan pertanian ditingkat kecamatan, kelompok tani dan gapoktan.

Daftar Pustaka : Warnaen, Andi, 2017, Metode Komunikasi Penyuluhan Pertanian Melalui Radio                          Komunitas, Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(1):17-24


Komentar

  1. Nama: M. Gontha Bagus
    NIM : 16/398685/pn/14656

    Nilai berita:
    - Proximity: terjalin hubungan yang baik penyuluh dengan petani karena pemanfaatan radio sebagai media penyuluhan.
    - Development: terbangunnya rasa percaya antara petani dan penyuluh berhubungan dengan keberhasilan pelaksanaan program penyuluhan.

    Nilai penyuluhan:
    - Adanya sasaran: petani dan Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan
    - Adanya ide: kegiatan penyuluhan pertanian yang menggunakan pendekatan menggunakan radio yang akrab dikalangan petani, sehingga lebih mudah dalam penyampaian informasinya.

    BalasHapus

Posting Komentar